Renungan Harian Ulangan 5: 33 (Rahasia Hidup Diberkati). Beberapa tahun terakhir bisnis online (BO) semakin menjamur, mulai dari yang benar-benar bisnis hingga penipuan atau perampokan berkedok BO. 2015 merupakan tahun yang benar-benar memberikan pelajaran yang sangat berharga tentang BO. Bagaimana tidak? Keterlibatan saya secara tidak sengaja di bisnis ini membuat mata saya terbuka bahwa dunia ini benar-benar kejam. Demi rupiah, beberapa owner BO memalsukan KTP, buku tabungan, hingga alamat rumah. Tujuannya, untuk mempersulit pelacakan jika sewaktu-waktu mereka kabur. Bahkan, ada anak Tuhan yang melakukan praktik ini, penipuan berkedok BO.

Rahasia Hidup Diberkati

Secara akal, cara-cara tersebut memang bisa membuat cepat kaya dan berlimpah materi sehingga apa pun yang kita inginkan dengan mudah bisa kita peroleh. Namun, apakah berkat itu akan benar-benar membuat kita bisa menikmati hidup?

Jika merujuk pada nats, rahasia hidup diberkati seumur hidup adalah berjalan di jalan Tuhan dan melakukan ketetapan-ketetapan-Nya. Singkatnya, pesan Tuhan yang ditujukan bagi bangsa Israel ini adalah kita bekerja dengan cara yang halal di mata-Nya. Bentuk-bentuk kehalalan itu adalah jujur, tidak saling menjatuhkan sesama yang dianggap sebagai kompetitor, menyukai proses dalam pekerjaan, tidak tamak, disiplin, dsb.

Cara Tuhan memang berbeda dengan cara yang dunia ajarkan. Namun jika hasilnya membuat hidup kita tenang dan sejahtera seumur hidup, tidakkah itu jauh lebih baik? Ketimbang menggunakan cara instan, tetapi berakhir pada kesengsaraan, dibui misalnya. Kiranya, kita semakin bijaksana dalam bekerja sehingga tak mudah tergiur dengan cara-cara instan yang justru menjerumuskan diri sendiri pada kejahatan di hadapan Tuhan. (kal)