Renungan Harian Galatia 1: 6-10 ( Hati-hati Ada Penjilat ). Banyak cara untuk mencari perhatian di tempat kerja. Baik itu kepada teman-teman satu tim atau atasan. Siapa sih yang tak ingin terlihat menonjol di mata orang lain? Lebih-lebih dalam konteks pekerjaan, menonjol dapat membantu perkembangan karir Anda. Sadar atau tidak, jangan-jangan Anda pernah melakukan sesuatu untuk menjilat teman atau atasan. Coba periksa diri Anda dengan melihat ciri-ciri “penjilat”. (1) Rajin dan tekun hanya ketika ad abos. (2) Membawa oleh-oleh khusus untuk si bos. (3) Lebih memilih bergaul dengan senior atau atasan. (4) Gemar menceritakan kebaikan diri. (5) Senang mencari kesalahan orang lain. (6) Sengaja mengulur waktu pulang.

Hati-hati Ada Penjilat

Menjadi penjilat mungkin cara paling mudah dan cepat untuk kita bisa mendapatkan promosi atau naik jabatan. Namun bukankah tindakan tersebut bertolak belakang dengan firman Tuhan? Mengingat kehendak Tuhan adalah orang beriman lebih mengejar perkenanan Tuhan daripada perkenanan manusia. Itulah sebabnya, dalam pekerjaannya sebagai pemberita Injil, Rasul Paulus hanya memberitakan apa yang benar menurut firman-Nya. Ya katakan ya. Tidak kataan tidak. Benar katakan benar. Salah katakan salah. Sedikit pun Paulus tidak mau menyelewengkan kebenaran tersebut agar dikenan manusia. Paulus mengejar perkenanan Tuhan karena ia sadar bahwa ia adalah hamba Kristus, bukan hamba manusia sehingga ia melakukan apa yang menyenangkan Tuhan. Siapa pun yang dihadapinya, Paulus tidak kompromi tentang firman Tuhan.

 

Seperti Paulus, kita dipanggil untuk melakukan kehendak Tuhan dalam tingkah laku dan perkataan. Jadi, bekerjalah untuk kemuliaan Tuhan, bukan untuk mencari keuntungan diri sendiri! (wb)