Renungan Lukas 16-1-13 (Bersahabat Dengan Mamon)
Renungan Lukas 16-1-13 (Bersahabat Dengan Mamon)

Renungan 29 Agustus 2021: Lukas 16: 1-13 (Bersahabat Dengan Mamon)

Renungan Lukas 16: 1-13 (Bersahabat Dengan Mamon).  Sejak 2000 The Bill and Melinda Gates Foundation telah menggelontorkan dana sebesar US$30 juta yang diambil dari kekayaan pribadinya. Di Amerika jumlah itu tercatat sebagai salah satu dari 20 dana terbesar yang disalurkan untuk bantuan sosial. Yayasan ini berjuang untuk memberantas polio di tiga negara, salah satunya Nigeria, yang juga tengah berjuang untuk memberantas malaria. Selain itu, Bill Gates juga ikut berperan meningkatkan pendidikan dengan membiayai kuliah para mahasiswa berbakat dengan mengucurkan US$1,37 miliar.

Bersahabat Dengan Mamon

Kalau Bill Gates dikenal sebagai pengusaha yang murah hati, dalam perumpamaan itu, pada mulanya, si bendahara tidak diperhatikan, bahkan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Namun, sebelum dipecat, ia bertindak cerdik sehingga dipuji tuannya. Kecerdikannya ditunjukkan ketika jumlah utang dari orang yang berutang dengan tuannya dikurangi. Akibatnya, beban orang yang berutang berkurang, sang tuan pun senang karena ia dipandang sebagai orang baik. Kemudian, baik orang berutang maupun tuannya bersimpati kepada si bendahara.

Melalui perumpaman ini, semua ia memandang harta untuk memuaskan dan memperkaya diri sehingga terus mengejarnya. Namun, sekarang, ia tidak dikuasai harta lagi tetapi mampu menguasainya. Dengan harta, ia meringankan beban orang lain.

 

Karena itu, ubahlah paradigman Anda tentang harta, yang selama ini menjadi “tuan” Anda. Jadilah tuan atas harta yang Anda miliki dan cari dengan cara memberi dari setiap kelebihan harta Anda. Senangkanlah orang lain yang terbeban dan membutuhkan karena akan meringankan pergumulan yang ia hadapi. Kerja keraslah dengan lebih tekun untuk mencari uang tetapi bukan untuk memperkaya diri melainkan untuk memberi.

BACA JUGA:  Renungan Anak Lukas 16: 19-31 (Tak Boleh Kikir)

Leave a Reply

Your email address will not be published.