Renungan Harian 1 Korintus 12: 12-26 ( Jari Kelingking ). Jari kelingking sering dianggap kurang berfungsi sehingga jarang digunakan. Namun,jari ini sangat berhubungan erat dengan bagian tubuh yang penting seperti jantung, usus kecil, rahim, testis, ginjal, kandung kemih, dan organ internal lainnya. Ketika jari kelingking dipijit selama 5-10 menit, dapat mengurangi risiko terjangkit 28 penyakit. Selain itu, dapat menyembuhkan sakit hipertrofi prostat, mencegah mata presbiopia dan katarak, mencegah kanker dan uban. Ternyata, jari kelingking kita sangat penting juga.

Jari Kelingking

Seperti ayat di atas, “Allah telah menyusun tubuh kita begitu rupa, sehingga kepada anggota-anggota yang tidak mulia diberikan penghormatan khusus”. Demikian juga, juga manusia, apa pun atau siapa pun orangnya, memiliki keistimewaan tersendiri.tuhan menciptakan manusia itu sungguh luar biasa. Setiap orang diciptakan Tuhan dengan tujuan untuk saling membantu dan melengkapi. Bahkan, ada orang-orang tertentu yang kita anggap lemah karena keterbatasan fisiknya, justru malah memiliki keunggulan tertentu yang tidak dimiliki semua manusia normal. Terkadang orang-orang yang seperti itu, malah dihadirkan untuk membantu kita.

 

Karena itu, sikap kita tidak boleh meremehkan orang lain, apakah dilihat dari kondisi fisiknya, ekonomi keluarga, imannya, pekerjaannya, dan sederet hal yang dianggap sebagai kekurangannya. Kita tetap harus menghargai mereka. Mungkin saja mereka yang lemah tersebut malah dapat membantu kita. Itulah sebabnya, jangan sekalipun kita mengabaikannya. Seperti jari kelingking yang kecil, lemah, dan dianggap tak berguna, malah berfungsi penting. (tt)