renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan 23 Nov 2021: Matius 2: 8-11 (Pesta 3 Persembahan)

Renungan Matius 2: 8-11 (Pesta 3 Persembahan). Menurut Azis A. Attiya, dalam History of Eastern Christianity, jumlah orang Majus bukan 3 orang seperti yang biasa diketahui melainkan 12. Mereka terbagi dalam 3 kelompok berdasarkan persembahan yang mereka bawa.  Emas dibawa Arvandid bin Artiban, Hormsad bin Satros, Gusnasab bin Gunafar, Arshak bin Makrus.  Mur dibawa Zarandar bin Warzud, Akreho bin Kesro, Arbachas bin Kolite, Ashtankakodon bin Shesran.  Kemenyan dibawa Mahros bin Kohram, Aksherosh bin Kashan, Sadlak bin Baldan, Marodak bin Bildad.

Pesta 3 Persembahan

Kemudian, banyak teori yang dibuat untuk mengungkapkan makna persembahan itu.  Dari banyaknya itu dapat dibagi 2 kelompok: 1) pada umumnya persembahan itu diberikan kepada raja;  mur sebagai minyak urapan (Kel 30:22-23), kemenyan sebagai parfum (Kel 30:34-38), mas merupakan harta berharga (Kej 24:22), 2) persembahan itu bersifat profetik;  mur menyimbolkan kematian (penderitan, (Mrk. 15:23, Yoh. 19:39), kemenyan menyimbolkan keimaman (doa; Mzm. 141:2; Luk. 1:10), mas menyimbolkan raja (kebajikan; 1 Raj 10:18)  ). Dari 2 kesimpulan itu, semuanya memang benar Namun, kesimpulan itu harus disesuaikan. waktunya. Kesimpulan pertama tepat digunakan tepat saat orang Majus mendatangi Yesus karena mereka mencari raja (Mat. 2:1-2). Barangkali, persembahan itu digunakan untuk biaya mengungsi  ke Mesir. Kesimpulan kedua tepat digunakan saat Dia melayani atau ketika sudah dewasa.

Dengan pemahaman seperti ini, kita bisa mencermati dengan saksama dan teliti setiap fenomena yang terjadi.  , letakkan pada proporsi yang sebenarnya. Berilah hadiah sebagai wujud perhatian khusus kepada orang yang anda cintai seperti istri, suami, anak atau orang tua kita.(abr)

 

BACA JUGA:  Renungan Harian Remaja Matius 26: 30-35 | Air Mendidih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *