renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap
renungan-harian-kristen-terbaru-dan-terlengkap

Renungan 2 Apr 2022: 2 Tesalonika 3: 1-15 (Jangan Malas)

Daftar Isi

Renungan Harian 2 Tesalonika 3: 1-15 (Jangan Malas) Ada banyak makanan dan minuman yang membuat produktif. Namun, ada 3 makanan yang harus dihindari agar tidak lelah saat bekerja, yaitu 1) minuman bersoda tidak bernutrisi dan tidak menguntungkan karena soda menghambat penyelesaian tugas, 2) permen melepaskan bahan kimia tertentu di otot dan otak sehingga akan sedikit mengotori tubuh, 3) makanan cepat saji mengandung elemen dari makanan beku tetapi dapat membuat tidak produktif.

Jangan Malas

Seperti semua jenis makanan ini dihindari supaya produktif, Paulus juga mengingatkan agar jemaat Tesalonika itu bekerja agar diperbolehkan untuk makan. Karena saat itu, ia melihat bahwa mereka adalah anggota jemaat yang bermalas-malasan atau tidak mau bekerja. Mereka menyalahgunakan kemurahan gereja (bdk. 1 Tes 4: 9-10) dan menerima bantuan dari saudara seiman yang bekerja. Paulus mengatakan bahwa orang semacam itu harus disiplin dengan menjauhkan diri dan jangan bergaul dengan mereka. Memang, ia menganjurkan bahwa pertolongan harus diberikan kepada mereka yang betul-betul memerlukan. Namun, ia tidak pernah mengajarkan bahwa orang percaya harus memberi uang atau makanan kepada orang sehat yang menolak untuk bekerja atau malas. Sementara, mereka malas bekerja. Di sisi lain, mereka tidak tertib sibuk dengan hal-hal yang tidak berguna.

 

Karena kita sudah emngetahui contoh buruk mereka, sebaiknya kita harus bekerja mencari nafkah sehingga dapat menikmati makanan kita sendiri. Bahkan sekiranya mungkin, kita dapat menolong orang lain.

 

Orang Kristen tidak boleh menjadi pemalas, tetapi harus bekerja keras mencari nafkah bagi diri mereka sekeluarga dan mempunyai cukup untuk menolong orang lain yang memerlukan. (rvp)

BACA JUGA:  Renungan 30 Mar 2022: 2 Tesalonika 2: 1-12 (Kenikmatan yang Menghancurkan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.