Khotbah-Kristen-Nehemia-1-1-2-5-Mencintai-Bangsa-Indonesia

Khotbah Kristen Nehemia 1:1 – 2:5 | Mencintai Bangsa Indonesia

Khotbah Kristen Nehemia 1:1 – 2:5. Betapa pentingnya kita menjaga dan merawat kebhinekaan, kesatuan dan persatuan bangsa. Bangsa ini sangat berarti untuk kita, jika bangsa ini terpecah belah maka kita sendiri juga yang akan merasakan dampaknya.

Saya juga percaya kita dipilih Tuhan untuk lahir dan tinggal menjadi warga negara Indonesia, untuk itu kita juga harus memikirkan bagaimana menjaga dan merawat bangsa kita

Kita mau belajar dari seorang Nehemia yang begitu mencintai bangsanya, meskipun dia sudah mapan dan menjadi orang kepercayaan raja di kerajaan persia, namun Nehemia tidak lupa akan jati dirinya.

3 Cara Mencintai Bangsa Indonesia:

Menjadi bagian dari bangsa.

Pada waktu itu bangsa Israel banyak diangkut ke negara persia untuk menjadi tawanan, orang-orang mudah dibawa ke negara persia untuk dijadikan pekerja, sedangkan di israel hanya tersisa orang-orang tua yang sudah tidak produktif.

Nehemia sendiri adalah orang israel yang lahir di negara persia, dan bekerja sebagai juru minum raja, dia menjadi orang kepercayaan raja, dan sudah cukup mapan tinggal di Persia. Tetapi Nehemia tidak lupa akan asal usulnya, meskipun dia sudah lama tinggal di Persia, tetapi Nehemia aktif mencari tahu tentang kampung halamannya. Ketika dia mendengar kondisi bangsanya, Nehemia ikut bersedih akan apa yang terjadi di kota asalnya.

Kita ini tinggal, lahir, dan hidup di negara Indonesia, kita harus menjadi bagian dari bangsa ini untuk dapat menjaga bangsa kita, peduli terhadap bangsa kita. Tidak peduli kita dari suku manapun, kita adalah bagian dari bangsa ini, kita harus memiliki hati yang peduli akan bangsa ini.

BACA JUGA:  Khotbah Kristen Lukas 24:44-49 | Looking Back to Look Forward

Mendoakan bangsa

Ketika Nehemia mendengar kabar bahwa tembok-tembok yerusalem runtuh dan pintu-pintu gerbangnya telah terbakar, Nehemia berduka, dia menangis, berkabung bahkan berpuasa dan berdoa bagi bangsanya.

Ketika kita mendengar berita tentang bangsa kita, tentang terorisme, tentang korupsi yang terjadi, tentang tindakan kriminal yang terjadi, apakah kita juga berdoa bagi bangsa ini? Mari kita berdoa bagi bangsa Indonesia. Banyak hal yang perlu kita doakan bagi bangsa ini.

Membangun bangsa

Ketika raja melihat muka Nehemia murung, Nehemia menjelaskan bahwa dia murung karena kampung halamannya hancur, dan Nehemia meminta agar diutus ke kampung halamannya untuk membangun bangsanya kembali. Nehemia bukan hanya berdoa, tetapi dia ingin melakukan sesuatu untuk bangsanya. Dia ingin membangun bangsanya kembali.

Saudara, tidak cukup kita hanya mendoakan bangsa ini, kita harus melakukan sesuatu untuk bangsa kita, lakukan apa yang bisa kita lakukan sesuai kemampuan kita. Banyak orang yang berprestasi dibidang olahraga, membawa harum nama bangsa indonesia dimata dunia. Kalau engkau masih sekolah, belajar yang baik, jika engkau bekerja, berikan yang terbaik. Mulailah dari hal-hal kecil, hal-hal sederhana yang bisa anda lakukan. Baik atau tidaknya bangsa ini tergantung kepada kita sebagai penerus bangsa. [GKBJ – GI. Susanna I. Setiawan]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *