Renungan-Harian-1-Petrus-4-7-11-Hadirilah-Seutuhnya
Renungan Harian 1 Petrus 4: 7-11 | Hadirilah Seutuhnya
8 Juni 2019
Renungan-Harian-Yohanes-1-19-28-Laksana-Pasukan-Kavaleri
Renungan Harian Yohanes 1: 19-28 | Laksana Pasukan Kavaleri
9 Juni 2019
Show all

Renungan Harian Yohanes 16: 13

Renungan-Harian-9-Juni-2019

Renungan-Harian-9-Juni-2019



Renungan Harian Yohanes 16: 13. Para murid sangat ketakutan dan bingung. Sebagaimana mereka telah mendengar apa yang dikatakan Yesus ketika makan malam terakhir, mereka mulai sadar bahwa Yesus meninggalkan mereka. Tapi mereka tidak tahu dengan pasti apa yang membuat-Nya pergi, kemana Dia pergi, atau berapa lama Dia akan pergi.

Mengetahui ketakutan mereka, Yesus memberikan janji yang indah “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu” (Yoh 14:16-17). Tak lama kemudian, Yesus membuat pernyataan yang lebih mengherankan “Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman” (Yoh 16:7-8). Meskipun para murid sangat menginginkan Yesus untuk tetap tinggal, Yesus menjanjikan mereka sesuatu yang lebih besar daripada kehadiran-Nya secara fisik. Roh Kudus datang.

APAKAH ARTINYA?

Roh Kudus adalah pribadi ketiga dari Allah Tritunggal. Sebagai Roh, Dia adalah pribadi yang nyata tapi tidak memiliki tubuh secara fisik. Dia tak terbatas oleh waktu dan tempat seperti manusia. Dia dapat berada dimanapun dalam satu waktu. Ini adalah alasan mengapa Yesus berkata kepada muridmurid-Nya bahwa jauh lebih baik Roh Kudus menggantikan diri-Nya dan Yesus kembali ke sorga. Ketika Yesus mengambil rupa seorang manusia di bumi, Yesus hanya bisa berada di satu tempat dalam satu waktu. Tapi Roh Kudus ada di dalam hati dan pikiran orang percaya dalam satu waktu. Luar biasa.

Ini membuat Roh Kudus sebagai “Penolong” yang sempurna (Yoh 14:16) bagi orang percaya. Tugas seorang penolong adalah menolong orang lain dan mensuport mereka dalam pergumulannya. Ini adalah hal yang tepat dilakukan oleh Roh Kudus bagi orang percaya. Seperti ayat hari ini Roh Kudus menyatakan firman Tuhan dan menginsafkan kita dari dosa.

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Bersyukurlah kepada Tuhan karena sudah diberikan Roh Kudus dan bacalah Yohanes 16:8; Titus 3:5; Roma 8:14-16 tentang peran Roh Kudus. (Renungan Harian Yohanes 16: 13)

baca juga: Renungan Harian Anak Yohanes 14: 25-31 | Roh Kudus Menghibur Dan Mengingatkan



Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan sebuah website/blog yang dibuat sebagai bentuk pelayanan pribadi dari admin di bidang multimedia. Kami hadir untuk Anda yang sedang mencari bahan renungan, ringkasan khotbah, maupun bahan cerita sekolah minggu. Kami juga merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui renungan dari setiap kontributor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *