Renungan-Harian-Remaja-1-Yohanes-1-5-10-Pembersih-Noda
Renungan Harian Remaja 1 Yohanes 1: 5-10 | Pembersih Noda
2018
Renungan-Harian-Remaja-1-Korintus-8-1-13-Kebebasan
Renungan Harian Remaja 1 Korintus 8: 1-13 | Kebebasan
2018
Show all

Renungan Harian Remaja Amsal 12: 1-15 | Kudu Dipaksa

Renungan-Harian-Remaja-Amsal-12-1-15-Kudu-Dipaksa


Renungan Harian Remaja Amsal 12:1-15. Saya punya kebiasaan jelek soal pola makan. Kalau sudah berhubungan dengan yang namanya makan, pasti banyak orang yang ‘makan hati’. Kebiasaan tersebut telah mencetak banyak komentator. Gimana nggak, selain saya susah disuruh makan, saya juga nggak punya selera makan. Pokoknya kalo udah mendekati jam makan, ibaratnya saya memasuki babak penderitaan karena mereka yang ada di sekitar saya pasti segera me-warning.

Kudu Dipaksa

Keseringan diingatkan dan dipaksa seperti itu, perlahan-lahan mengusik ketenangan saya. Saya pun mulai berusaha makan walau takarannya baru nambah dikit, dan nggak perlu dipaksa-paksa lagi. Akhirnya, perasaan saya pun jadi plong dan batin ini nggak tersiksa lagi. Dari pengalaman itu, saya dapat tiga pelajaran berharga. Satu, sesuatu yang dipaksain atau ngejalanin sesuatu yang dipaksain rasanya kagak enak. Batin kita bakal tersiksa abis. Dua, kalau nasehat itu demi kebaikan, kenapa nggak dilakuin? Lagian nggak ngerugiin, kok. Tiga, ketika saya nggak praktekin masukan dari mereka, saya bukan hanya nggak menghargai mereka, tapi juga ngecewain. Sebagai orang yang sayang sama saya, pasti hati mereka sedih en susah ngeliat pola makan saya yang nggak bener.

Mungkin kawan muda punya pengalaman yang hampir mirip; belajar, mandi, kerja rumah, saat teduh, ibadah, de-el-el, semua kudu dipaksa. Mulai perkara jasmani sampai ke soal rohani, semua kudu dipaksakan. Kalau harus dipaksa-paksa dulu, bukan orang lain aja yang susah, Tuhan pun so pasti marah. Kan fir Tu ngajarin kita untuk bisa nerima input dari orang lain karena itu manfaatnya kita hidup di tengah-tengah orang lain; saling mengingatkan dan menasehati. Nah, masih ada kaitannya dengan kepentingan kita aja, kita nggak dengerin, gimana kalau diminta ngelakuin sesuatu yang demi orang lain dan tidak berfaedah buat kita?

Kawan, kalau dirimu termasuk kategori orang yang rada bebal, segera bertobat deh! Sebelum orang-orang di sekitar kita cuek dan murka Allah menyala-nyala atas kita, karena kita nggak nurut kalau dibilangin. Ntar pasti nyesel… (LIS – Renungan Harian Remaja Amsal 12:1-15)


Admin
Admin
Renungan Harian Kristen merupakan wadah untuk berbagi berkat melalui firman Tuhan setiap hari. Semoga melalui setiap artikel yang dibagikan dapat menjadi berkat bagi banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *