Renungan Harian  Titus 2: 11-15 (Tidak Alergi Didikan). Pelatihan karyawan terkait dengan hasil pekerjaan karyawan. Pelatihan yang tepat dapat memberi efek yang baik kepada karyawan sehingga dapat mengembangkan diri dan mampu memahami beberapa hal terkait pekerjaannya. Karyawan yang telah dilatih adalah karyawan yang tepat karena keterampilannya lebih baik. Ciri-ciri karyawan yang keterampilannya baik adalah (1) tahu dan mengerti pekerjaan yang harus dikerjakan, (2) gerak kerjanya cepat dan tepat, (3) jarang melakukan kesalahan dan kekeliruan saat bekerja, (4) sudah mempunyai kiat- kiat tertentu saat bekerja, (5) produktivitas kerja meningkat dari biasanya.

Tidak Alergi Didikan

Sejatinya, selama kita masih hidup di dunia ini kita akan selalu mengalami pelatihan atau didikan. Sebab itu, jangan alergi dengan didikan terutama didikan atau pelatihan yang diberikan Tuhan karena setidak enak apa pun latihan atau didikan-Nya, dampaknya pasti baik bagi diri sendiri.

Jika latihan atau didikan yang diberikan perusahaan kepada karyawannya hanya bersifat skill atau keterampilan, tujuan Tuhan mendidik kita supaya setiap orang percaya (1) meninggalkan kefasikan atau keduniawian, (2) memiliki fokus hidup kepada Tuhan sehingga kita hanya melakukan hal- hal yang menyenangkan hati-Nya, (3) memiliki gaya hidup anggota kerajaan surga seperti kejujuran dan bijaksana.

Di dalam mengiring jalan Kristus, kita didorong untuk tidak alergi terhadap didikan Tuhan dan manusia. Karena, kesediaan untuk dididik keduanya akan membawa kita pada keberhasilan hidup yang sejati, tak hanya sukses di dunia tetapi juga di kekekalan. Jadi, jika ingin sukses kini dan nanti, jangan alergi pada didikan! (ws)