Renungan Harian Ibrani 10: 19-39 (Tambahkan Ketekunan) A.J. Cronin merupakan penulis asal Skotlandia yang berlatar belakang dokter. Ia tidak pernah menyangka kalau novelnya yang berjudul Hatter’s Castle bisa terjual hingga 3 juta kopi. Di tengah penggarapan novelnya, ia pernah hampir menyerah dan tidak ingin melanjutkan menulis. Namun, saat itu ia bertemu pria yang sedang mencangkuli rawa dengan tidak jemu-jemu. Cronin bertanya alasannya ia tak pernah jemu. Si pria tersebut menjawab bahwa setelah ia mencangkuli, rawa akan berubah menjadi padang rumput. Semangat pria tersebut memotivasi Cronin untuk menambahkan ketekunan sehingga Cronin kini menjadi penulis terkenal.

Tambahkan Ketekunan

Keberhasilan atau kesuksesan memang bukan sesuatu yang mudah didapat. Ada yang hanya membutuhkan berbulan-bulan tetapi tak sedikit pula yang harus menjalaninya bertahun-tahun bahkan belasan tahun demi mencapai kesuksesan itu. Selain kerja keras, hal terpenting untuk mencapai kesuksesan adalah ketekunan atau kesabaran. Tekun menjalani setiap proses yang Tuhan berikan, sabar menghadapi berbagai tantangan dan ujian yang kita alami, tekun melakukan tanggung jawab yang sudah Tuhan berikan, dan sabar menanti penggenapan janji Tuhan atas kita. Untuk menjalani itu semua, kita tidak bisa menggunakan kekuatan diri sendiri atau manusia yang terbatas ini. Kita harus mengandalkan kekuatan-Nya yang tak terbatas itu.

 

Jalan menuju kesuksesan sejati memang berat, tetapi jauh lebih berat jika kita berjalan sendiri. Sebab itu bertahanlah dalam perjuangan dalam hidup kita dengan mengandalkan Tuhan yang tak terbatas itu. Percayalah, perjuangan di dalam Tuhan tak pernah berakhir sia-sia karena ada upah yang telah Dia sediakan bagi kita. (rmn)